9 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Saat Membeli Laptop Baru

Sama seperti elektronik lainnya, kinerja laptop biasanya menurun dari waktu ke waktu. Meskipun bisa diakali dengan layanan, namun tidak ada salahnya jika Anda menggantinya dengan yang baru. Berikut di bawah ini adalah memilih laptop baru:

1. Ukuran laptop

Pertimbangkan ukuran laptop baru yang ingin Anda beli. Ukuran layar yang Anda pilih, tentu saja, akan mempengaruhi ukuran laptop. Sebaliknya, memilih laptop yang paling tepat untuk Anda. Jika Anda membutuhkan portabilitas yang tinggi, memilih laptop dengan ukuran kecil. Dengan itu, Anda bisa mobile, bergerak dengan mudah karena dimensi kecil.

9 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Saat Membeli Laptop Baru
9 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Saat Membeli Laptop Baru

laptop ponsel biasanya memiliki ukuran layar 12,5 inci menjadi 13,3 inci. laptop tersebut memiliki berat antara 1 kg sampai 1,5 kg. Meski begitu, itu adalah laptop langka yang ukuran memiliki spesifikasi yang benar-benar ketat. Anda tidak akan menemukan laptop dengan prosesor Intel Core i7 dalam perangkat ini kecil.

Jika Anda memerlukan laptop bertenaga tinggi, baik untuk bisnis atau game desain, suka atau tidak, Anda harus memilih laptop dengan ukuran yang besar. Karena tubuh tebal yang dibutuhkan untuk menyimpan komponen bertenaga tinggi.

2. Jenis dan ukuran media penyimpanan

Penyimpanan harddisk media yang berjeniskan memang banyak di masa lalu. Meskipun kapasitas super besar, biasanya harga tidak terlalu mahal.

Bandingkan dengan SSD. Meskipun kecil dan ketat, harga ini bisa dibilang jauh lebih mahal. 128 harga GB SSD bisa dua kali lipat hard drive.

Namun, SSD saat ini lebih dipilih. Alasannya sederhana, SSD menawarkan kecepatan jauh lebih tinggi daripada hard disk.

Nah, jika Anda perlu laptop untuk menyimpan banyak data, Anda harus hanya memilih laptop berbasis hard drive. Jika Anda membutuhkan kecepatan, suka bermain game atau desain, cukup pilih SSD. Satu hal yang harus diingat, laptop dengan SSD berkapasitas besar, biasanya memiliki harga yang lumayan ya. Biasanya, laptop dengan 512 GB SSD memiliki biaya lebih dari laptop dengan hard drive dari 2 TB.

3. Desain laptop

Bicara laptop, tentu saja hal pertama yang kita lihat dari laptop adalah masalah desain. Sebagai kemajuan dalam perkembangan teknologi, laptop ini juga memiliki berbagai inovasi, terutama dalam hal desain. Jika dulu banyak laptop berukuran tebal, sekarang Anda dapat menemukan super tipis. Jika layar pertama dan keyboard bersama-sama, sekarang ada model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas atau dilipat hingga 360 derajat.

Memang, desain futuristik membuat orang melirik. Namun demikian, fakta harus diperhatikan adalah resistensi, terutama pada bagian engsel. Lebih baik, Anda merasa sendirian bagaimana merancang sebuah laptop yang jadi incaran.

4. Keyboard Laptop

Setiap merek laptop memiliki desain keyboard masing-masing. Jika Anda ingin menggunakan laptop untuk waktu yang lama, pastikan bahwa keyboard terasa nyaman di tangan. Hal ini karena akan mempengaruhi kenyamanan kinerja Anda. Yang perlu diperhatikan adalah jarak antara tombol, permukaan tombol, sampai responsif ketika Anda menekan tombol keyboard yang. Juga pastikan bahwa semua tombol dapat berfungsi dengan baik.

5. Baterai

Poin ketiga telah menjadi salah satu pertimbangan penting yang harus diperhatikan saat membeli laptop baru. Rata-rata, sebuah laptop yang dijual memiliki baterai sekitar 6-8 jam.

Diakui, daya tahan baterai agak sulit untuk mengukur karena tergantung pada penggunaan laptop, apilkasi berjalan, serta jenis prosesor yang digunakan. Oleh karena itu, disarankan untuk membaca berbagai ulasan tentang laptop Anda ingin membeli.

Pastikan Anda mampu merawat baterai laptop mungkin sehingga kinerja yang masih baik-baik saja. Misalnya, untuk tidak mengisi terus-menerus, jangan menunggu sampai baterai benar-benar habis, atau 0%, baru di-charge, atau menarik-charge laptop dalam keadaan mati.

6. Kualitas layar

Bahkan, tidak semua laptop memiliki kualitas layar yang dingin. Oleh karena itu, sebelum membeli laptop baru, pastikan Anda mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusi, juga sudut pandang tampilan visual.

Ambil contoh, Anda memerlukan laptop untuk bekerja grafis. Kemudian, Anda dapat memilih laptop dengan IPS panel jenis layar yang memiliki ketajaman dan akurasi warna yang tinggi, serta sudut pandang lebar. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri, laptop mahal memiliki kualitas layar yang lebih berkualitas.

Selain itu, perhatikan juga ukuran layar laptop. Sesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya, kebanyakan orang menggunakan laptop 14-inci. Namun, jika Anda puas dengan layar laptop yang lebih kecil, itu terserah Anda.

Nah, tiga hal lain yang juga harus dipertimbangkan adalah masalah konektivitas, prosesor, hingga kapasitas RAM. Mari kita lihat paparan lebih lanjut.

7. Konektivitas selesai

Pada saat seperti ini, kebutuhan untuk WiFi sudah pasti menjadi yang utama. Oleh karena itu, Anda disarankan mencari laptop dengan konektivitas yang lengkap. Selain dilengkapi dengan koneksi WiFi, setidaknya, memilih laptop yang memiliki tiga port USB. Sama pentingnya serta memiliki pendukung lainnya seperti port LAN dan HDMI / VGA.

Tapi perlahan beberapa konektivitas penting awalnya mulai hilang, karena desain laptop mendapatkan lebih tipis hari lagi. Mulai banyak produsen membuat model laptop ultrabook yang port tipis dan minim, namun dilengkapi dengan USB Tipe-C yang mendukung aliran pertukaran data hingga 40Gbps (jika mendukung Thunderbolt 3). Solusinya, Anda masih dapat menggunakan dongle sebagai port ekstensi langka.

8. Prosesor yang diperlukan

Kinerja laptop ditentukan oleh dapur pacu itu sendiri. Salah satu bagian dari dapur pacu adalah prosesor. Ada berbagai jenis prosesor di pasaran. Anda perlu tahu apa yang dibutuhkan adalah laptop prosesor-mu. Sebagai contoh, kedua AMD dan Intel yang kedua merek diandalkan. Namun, Intel terbukti memiliki kinerja yang lebih baik daripada AMD.

Intel juga memiliki beberapa jenis, termasuk prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i7 dibagi menjadi beberapa generasi dan terus mengembangkan arsitektur setiap tahun. Jika Anda sering menggunakan laptop untuk bermain game, pastikan Intel Core i7 yang tertanam di laptop Anda karena prosesor akan memacu kinerja lebih cepat.

9. Kapasitas RAM cukup

Selain prosesor, RAM juga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja laptop. Kapasitas RAM antara laptop biasa dengan laptop gaming berbeda. Jika menggunakan laptop untuk gaming, RAM diperlukan akan lebih besar. Misalnya, jika Anda menggunakan Windows 10, maka Anda perlu menggunakan minimal 8 GB RAM untuk laptop gaming. Lebih RAM terpasang, laptop dapat bermain game berat sekalipun.